Apa Itu minyak Jarak dan Manfaatnya Yang Perlu Anda Ketahui

Apa itu minyak jarak?, di dalam bidang ilmu farmasi minyak jarak dikenal dengan nama minyak kastroli atau castor oil. Minyak jarak mengandung 90 persen asam ricinoleat. Banyak Kegunaan minyak jarak dalam berbagai bidang Industri seperti minyak rem hidrolik, sabun, pelumas, pewarna cat, jaket pelindung, malam, tinta, farmasi nilon dan parfum.

castor-oil
Castor Oil = Minyak Jarak

Dalam bidang farmasi minyak jarak memiliki manfaat untuk menetralkan kembung dan merangsang rasa muntah. Minyak jarak juga dapat menginduksi persalinan dengan dosis tertentu.

Apa Itu Minyak Jarak dan Manfaatnya

Berbagai macam manfaat minyak jarak dapat kita peroleh jika bisa mengolahnya dengan baik dan benar. Kandungan minyak jarak memiliki segudang manfaat di berbagai bidang kesehatan dan industri. Untuk mengetahui lebih jelasnya terkait manfaat minyak jarak, berikut adalah berbagai macam manfaat minyak jarak yang perlu Anda ketahui.

  1. Memperkuat daya Tahan tubuh

Manfaat minyak jarak ternyata bisa digunakan sebagai penambah energi dan berfungsi untuk memperkuat kekebalan tubuh. Tentu saja mengkonsumsi ini dengan saran dokter.

  1. Dapat Membersihkan Minyak Belebih di Wajah

Minyak jarak ternyata dapat digunakan untuk membersihkan minyak berlebih diwajah yang mengakibatkan jerawat. Zat yang terdapat dalam minyak jarak bisa mengangkat minyak berlebih serta membuat wajah bersih dan segar.

  1. Dapat Mengobati Kulit Kering

Masalah kulit kering memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang khsususnya wanita. Namun minyak jarak ini bisa digunakan sebagai pelembab kulit kering. Cukup dioleskan dibagian yang dirasa kering secara rutin.

  1. Sebagai obat penumbuh dan penyubur rambut

Minyak jarak memiliki kandungan omega 9 dan asam lemak yang menutrisi rambut untuk tumbuh subur maupun mencegah dari kerontokan. Untuk hasil lebih maksimal, kita bisa mencampurkan minyak jarak untuk rambut dengan minyak kelapa untuk mendapatkan rambut halus mengkilap.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan tentang apa itu minyak jarak dan manfaatnya di atas, semoga menjadi pengetahuan baru. Tanaman yang sering dianggap remeh oleh sebagian orang ini, ternyata memiliki khasiat yang sungguh luar biasa.

Leave a comment